Kontroversi Wasit Francois Letexier dalam Play-off Olimpiade Paris 2024

Daftar Isi

 

Wasit play-off Olimpiade Paris 2024 antara Timnas U-23 Indonesia dan Guinea, Francois Letexier, ternyata sudah biasa menerima ancaman pembunuhan akibat cara kerjanya yang dianggap merugikan.

Letexier ditunjuk sebagai wasit laga yang digelar di Lapangan INF Clairefontaine, Clairefontaine-en-Yvelines, Prancis, pada Kamis (9/5/2024) sore waktu setempat atau malam WIB.

Meskipun FIFA memutuskan pertandingan tersebut digelar secara tertutup, tetapi masih banyak penonton yang hadir, sekitar 500 orang, termasuk Presiden FIFA Gianni Infantino, Ketua Umum PSSI Erick Thohir, dan Presiden Federasi Sepak Bola Guinea Bouba Sampil. Bahkan mantan pelatih Timnas Vietnam Philippe Troussier juga turut menonton langsung di sana.

Sesuai dengan keputusan FIFA, nama wasit dan timnya baru diumumkan paling cepat dua jam sebelum kick-off. Penunjukan Letexier sebagai wasit utama agak mengejutkan, mengingat dia berasal dari Prancis, yang menjadi "negara kedua" bagi hampir seluruh pemain Guinea.

Kondisi ini menimbulkan kekhawatiran bahwa kepemimpinan Letexier cenderung merugikan Timnas U-23 Indonesia, yang menjadi lawan Guinea dalam pertandingan tersebut.

Posting Komentar